data

DUAL H-BRIDGE DRIVER MOTOR WITH MOSFET

Driver motor dc dengan mosfet


pada robot beroda sistem pengendalinya dengan menggunakan motor sebagai penggerak, dimana untuk mengendalikan arah putaran motor dan kecepatan motor diperlukan sebuah driver motor, dimana dapat menggunakan ic maupun menggunakan rangkaian h-bright dengan menggunakan transistor.

untuk mengalirkan arus ke motor yang cukup besar diperlukan transistor mosfet sebagai komponen utama dalam pembuatan driver motor ini, di karenakan mosfet dapat mengalirkan arus yang cukup besar.
rangkaian dual h-bridge driver motor dengan mosfet ini saya  gunakan pada robot line follower saya,, dimana motor pada line follower saya memerlukan arus >1A  per motor.

rangkaian dual h-bright driver motor ini saya buat dengan software eagle, dengan menyesuaikan tata letak da ukuran yang di ingin kan, maka dapat pas di tempatkan pada line follower saya, sehingga line follower saya menjadi cukup ramping dan tipis,,


Driver motor dc dengan mosfet


4cm x 8cm




Driver motor dc dengan mosfet

6cm x 6cm

driver motor ini berukuran 6cm x 6 cm untuk yang berwarna putih dan 4cm x 8cm untuk yang berwarna biru, sangat cocok digunakan pada robot beroda yang menginginkan ukuran robot yang simple kecil dan tipis,

untuk skemanya dapat di lihat di bawah:
skematik Driver motor dc dengan mosfet




                                                                     DRIVER MOTOR

tampak atas Driver motor dc dengan mosfet

tampak bawah Driver motor dc dengan mosfet




untuk videonya bisa dilihat disini

jika anda tidak ambil pusing membuatnya, anda bisa memesan ke saya

jika ada yang pengen memesan bisa sms di no. 085737688250
atau pm ane via facebook

 bukti penggiriman

32 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. mas, boleh minta skematiknya yang lebih jelas?

    ReplyDelete
  3. mas aku juga minta design pCB nya langsung bole ndak itu drivernya >5A bisa ndak

    ReplyDelete
  4. bang, boleh tanya ga itu maksudnya DIR sama PWM apa sama kegunaannya buat apa?

    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. pwm itu untuk mengatur kecepatan motor nntinya di hubungkan ke port pwm di mikro,,
      klo dir untuk mengatur arah putaran motor mas,,

      Delete
  5. itu ic nya kalok pake cd 4001 yang gerbang nor gimanana mas ?????
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo mke nor 4001,, kondisinya kebalik jdinya mas,,,
      klo make 4011>> pwm on jika dkasi logika high
      klo mke 4001>> pwm on jika dikasi logika low
      untuk dir sama juga gtu,,

      Delete
  6. Gan,Saya ingin membuat Line tracer, Tinggal Rangkaian Driver Motornya aje yang belum,Boleh Minta pencerahan kagak.??

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh mas,,,, untuk driver motornya bisa d coba rangkaian di atas mas,, :)

      Delete
  7. mas boleh minta daftar komponennya sama desain layout pcbnya.....???? salam dari makassar

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf,, untuk design layout blum bsa mas,, cs d komersil kan,, untuk dftr resisrtony yakni untuk resistor k basis tr,, menggunakan 1k mas,, resistor diatas irf menggunakan 33k mas

      Delete
  8. kalo ga usah pake gerbang bisa ga mas??
    bedanya apa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas,, bedanya,, penggunaan port mikro bertambah dan program jg bertambah mas,,

      Delete
  9. itu resistor na brapa nilainya mas? 1k?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk resistor k basis tr,, menggunakan 1k mas,, resistor diatas irf menggunakan 33k masa

      Delete
  10. untuk dioda H-bridge itu yg tipe apa mas? pakai 4002 bisa g??

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu dioda untuk pengaman dari tegangan balik dari motor,, 1n4002 bisa mas,,

      Delete
  11. Mas untuk daftar komponen mosfetnya yg tipe berapa ya mas.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. irf640 dan irf9640

      atau bisa memakai irf540 dan irf9540

      Delete
  12. Oh ya, Bisa gak sekalian minta skematik yg lebih jelas mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti saya share skema yg lebih jelas mas,,

      Delete
  13. mas sudah saya coba rangkaian diatas, tetapi permasalahannya ada di gerbang nand-nya.
    pwm bisa jalan tetapi polaritas motor tidak bisa dibalik cuma satu arah saja padahal sudah saya beri logic 1 atau 0 ke enablenya.
    programnya saya buat seperti ini saja untuk tes:
    PORTD.2=0 atau 1(enable)
    OCR1A=nilai PWM
    mohon dikoreksi.
    apa solusinya ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mosfet ada panas atau nggak?? coba cek lagi jalur rangkaiannya , komponen, dan solderannya mas,,

      Delete
  14. gan, sya boleh mnta skematiknya??
    ni email sya gan..
    ronny.ari19@gmail.com

    ReplyDelete
  15. berapaan harga ne mas, pm ya.
    prasetyo.dte007@gmail.com

    ReplyDelete
  16. mas boleh minta skematik nya ? ini email saya mas dianjugaada@gmail.com

    ReplyDelete
  17. nice layout 4x8 .. fit into box platik item

    ReplyDelete
  18. saya udah buat seperti gambar di atas dan dapat berkerja sesuai dengan fungsinya. tapi mosfet saya panas sekali ada apa ya mas?

    ReplyDelete
  19. motornya pun nggak maksimal kerjanya

    ReplyDelete
  20. TRansistornya juga saya ganti dengan BC547. Apakah nggak apa2?

    ReplyDelete

Copyright © 2012 BEBITDEARTHA.