data

CONTROL WIRELESS LAMPU DENGAN HP ANDROID

dengan perkembangan teknologi di jaman ini yang sangat pesatnya maka menyebabkan semakin memudahkan kita dalam kehidupan ini, sekarang alat-alat elektronik dalam pengontrolannya  serba otomatis dan serba wireless.
nah kali ini saya mencoba membuat rangkaian yang dapat mengontrol hidup dan mati peralatan listrik 220vac menggunakan hp android dengan menggunakan bluetooth sebagai media komunikasinya, dimana dalam uji coba saya menggunakan lampu sebagai indikatot output peralatan yang di control.
dalam rangkaian ini dapat mengontrol 4buah peralatan listrik, dikarenakan saya hanya menggunakan 4 buah triac bt136 sebagai switch untuk menghubungkan/memutuskan tegangan 220v. jika diperlukan maka dapat di tambahkan rangkaian triac lagi untuk memperbanyak lampu/peralatan rumah yang ingin dikontrol.




control wireless lewat bluetooth dengan hp android atmega8
rangkaian jadi dari alat control lampu dengan hp android

pada rangkaian ini saya menggunakan mikrokontroler atmega8 sebagai otaknya.
cara kerjanya yaitu setelah pairing maka hp android akan mengirimkan data sesuai tombol yang saya tekan pada aplikasi android tersebut pengiriman data tersebut dilakukan melalu media bluetooth dimana nantinya data tersebut akan di terima pada mikrokontroler yang mana akan di cocokan dengan nilai yang tersimpan di mikrokontroler, data ini akan memerntahkan mikrokontroler untuk mengontrol peralatan mana yang on dan peralatan mana aja yg off. dikarenakan menggunakan bluetooth maka jarak untuk control dengan hp android hanya sejauh 10meter saja.


Skematik alat control lampu dengan hp android



screenshot tampilan aplikasi android sederhana


pemesanan dapat menghubungi saya di facebook
atau di no hp 085737688250
bbm 74827389




video testingnya bisa dilihat di bawah ini

 

2 comments:

  1. mas gimana cara membuat aplikasi tombol di android yang dapat di koneksikan dengan bluetooh
    mohon, bantuan nya MAS ! !
    tutorialnya bisa dikirimkan di email saya mas !
    idoydoi10@gmail.com

    ReplyDelete
  2. peralatannya apa aja mas, tolong sebutin ya :D thanks

    ReplyDelete

Copyright © 2012 BEBITDEARTHA.